Wisata alam terkenal di kebumen, goa jatijajar

Berkunjung ke Kebumen nampaknya belum lengkap kalau belum mampir untuk menikmati objek wisatanya Ada tidak sedikit objek wisata di kabupaten ini mulai dari benteng peninggalan belanda, goa yang masih alami dan tentu pantai yang berjejer di sepanjang perbatasan bagian selatan kebumen. salah satu tempat wisata pilihan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Goa Jatijajar.


Goa jatijajar berada di ujung selatan kabupaten kebumen tepatnya di desa jatijajar kecamatan ayah. Goa ini menawarkan suasana alam yang masih asri dengan stagtit dan stalagmit khas goa alami yang masih terjaga keindahannya. Objek wisata ini tidak tutup setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB. Harga tiketnya juga ukup terjangkau hanya sebesar Rp. lima belas ribu per orang.
Goa Jatijajar adalah salah satu ikon wisata kabupaten kebumen, oleh karena itu fasilitas di dalamnya juga cukup komplit. Perihal pertama yang sungguh diperhatkan adalah fasilitas umum, lahan parkir area wisata cukup luas dapat menampung sampai lebih dari sepuluh bus wisata dan ratusan sepeda motor. Fasilitas umum lainnya seperti toilet juga lumayan tidak sedikit, mushola juga tersedia di dalam area goa jatijajar.

Estetika goa jatijajar ada pada kealamiannya dan diorama yang terpasang di dalam. Diorama berupa patung patung yang berjumlah tiga puluh dua buah itu menggambarkan kisah dari Raden Kamandaka – Lutung Kasarung. Kenapa Dioramanya adalah cerita dari Raden Kamandaka? Konon ceritanya goa jatijajar pernah dijadikan tempat bertapa oleh Raden Kamandaka yang memiliki nama asli Tidak sedikit Cokro itu.

Disamping Diorama hal lain yang menarik dari goa jatijajar merupakan sungai yang ada didalam tanah yang mengalir didalam goa dan bisa pengunjung jangkau untuk merasakan kesegaran air alami yang mengalir deras. Karena letaknya yang sulit dijangkau dan cukup berbahaya, ada empat sungai didalam goa, namun cuma 2  yang bebas dikunjungi oleh wisatawan sedang dua  lainnya tidak dibuka untuk umum

Pergi berlibur tentu mau bawa oleh oleh dan cinderamata. Jangan Khawatir sebab didalam area objek wisata goa jatijajar telah disediakan pasar seni oleh pengelola yang didalamnya banyak penjual jajanan dan cinderamata khas goa jatijajar. Bagaimana? Menarik bukan objek wisata yang satu  ini.

Komentar

Postingan Populer